top of page

Pelatihan HR for Non HR: Menguasai HR Issues


Pelatihan HR for Non-HR bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang masalah-masalah sumber daya manusia (HR) kepada individu di luar departemen sumber daya manusia yang tetap membutuhkan pengetahuan tentang topik-topik ini dalam peran atau tanggung jawab mereka. Berikut adalah beberapa topik yang dapat disertakan dalam pelatihan tersebut:


  • Pengantar Sumber Daya Manusia: Memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi departemen sumber daya manusia dalam organisasi, serta pentingnya manajemen SDM dalam mencapai tujuan bisnis.

  • Hukum Tenaga Kerja: Memahami dasar-dasar hukum ketenagakerjaan, termasuk hak dan kewajiban pekerja serta pengusaha, aturan pemutusan hubungan kerja, upah minimum, dan diskriminasi di tempat kerja.

  • Proses Rekrutmen dan Seleksi: Menyediakan wawasan tentang strategi rekrutmen dan seleksi, termasuk penulisan iklan pekerjaan, wawancara kandidat, dan penilaian kecocokan pekerja.

  • Pengelolaan Kinerja: Menguasai konsep manajemen kinerja, termasuk penetapan sasaran, evaluasi kinerja, umpan balik, dan pengembangan karir.

  • Pengembangan Karyawan: Memahami pentingnya pengembangan karyawan dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi, serta strategi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan.

  • Manajemen Konflik dan Konseling: Memberikan keterampilan dasar dalam menangani konflik di tempat kerja dan memberikan dukungan konseling kepada karyawan.

  • Manajemen Kompensasi dan Manfaat: Memahami komponen-komponen sistem kompensasi dan manfaat, termasuk gaji, insentif, asuransi kesehatan, dan program kesejahteraan karyawan.

  • Keseimbangan Kerja dan Kehidupan: Menyediakan informasi tentang pentingnya mencapai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional, serta strategi untuk mengelola stres dan mencegah kelelahan kerja.

  • Etika dan Kepatuhan: Menguasai prinsip-prinsip etika profesional dan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan organisasi, serta konsekuensi dari perilaku yang tidak etis atau melanggar hukum.

  • Teknologi dalam SDM: Menyediakan wawasan tentang peran teknologi dalam manajemen sumber daya manusia, termasuk penggunaan perangkat lunak HR dan sistem manajemen informasi SDM.


Pelatihan HR for Non-HR harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pengetahuan peserta serta mempertimbangkan konteks industri dan organisasi tempat mereka bekerja. Dengan pemahaman dasar tentang isu-isu HR, individu di luar departemen sumber daya manusia dapat lebih efektif dalam berkolaborasi dengan tim HR dan menjalankan tanggung jawab mereka dengan lebih baik.


Recent Posts

See All

コメント


bottom of page